Beli Rumah Di Perumahan Atau Diluar Perumahan? Pertimbangkan Hal Ini

Sebelum memutuskan untuk memilih rumah mana yang akan dijadikan sebagai tempat tinggal, umumnya masyarakat mencari terlebih dahulu berbagai pertimbangan yang bisa meyakinkan mereka untuk memilih rumah yang akan mereka huni. Pertimbangan utama yang sering dicari ialah kondisi lingkungan sekitar hunian yang nyaman dan memadai. Saat ini pilihan yang muncul ialah beli rumah  perumahan di Bandung atau diluar perumahan?

Sampai saat ini, tidak sedikit masyarakat lebih memilih membeli rumah  di kawasan perumahan yang dibangun dan dikembangkan oleh sebuah perusahaan. Hal ini karena fasilitas yang tersedia di komplek perumahan biasanya sudah memadai dan cukup lengkap, hal inilah yang menambah daya tarik bagi pembeli untuk tinggal di perumahan. Mulai dari mini market, taman, kolam renang hingga tempat beribadah yang mudah untuk dijangkau dengan berjalan kaki di kompleks saja.

Berbeda dengan rumah  yang dibangun diluar perumahan atau terletak di pinggir jalan raya atau bahkan perkampungan. Umumnya hunian ini merupakan tempat tinggal keluarga yang sudah cukup lama menetap bahkan usianya bisa hingga puluhan tahun. Untuk mengetahui lebih detail mengenai perbedaan dari rumah  di perumahan dan diluar perumahan. Perhatikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari keduanya berikut ini untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Harga

Harga jual rumah  yang terletak di perumahan di Bandung memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah  di luar perumahan. Harga  jualnya bisa hingga satu setengah kali dari nilai jual rumah atau tanah di luar perumahan. Mengapa? hal ini sebenarnya terbilang cukup wajar, mengingat tanah yang ada di perumahan sudah memiliki legalitas yang lebih lengkap serta aman dibandingkan dengan tanah biasa pada umumnya. Selain itu, rumah  yang terletak di perumahan biasanya sudah didukung dengan infrastruktur yang lengkap serta sangat memadai seperti pembuangan air, taman bermain, pusat perbelanjaan, hingga jaringan listrik dan fasilitas lainnya.

Desain Rumah

Pemilik rumah di perumahan tidak bisa menentukan desain rumah atau bentuk rumah yang di inginkan. Karena pihak developer atau pengembang sudah membangunnya terlebih dahulu. Selain itu beberapa developer bahkan memiliki aturan yang cukup ketat untuk mengubah penampilan rumah, sehingga kamu tidak bisa leluasa mengubah desain dan bentuk rumah sesuai dengan yang kamu inginkan. Developer menerapkan aturan seperti ini dengan tujuan untuk menciptakan area lingkungan perumahan yang seragam dan tampak tertata rapih dan teratur.

Namun bila kamu memilih membeli tanah di area cluster. Kamu memiliki fleksibilitas untuk membangun rumah  yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Sementara itu bila dibandingkan dengan membeli rumah di luar komplek perumahan. Kamu bisa memutuskan untuk membeli bangunan dengan bentuk apapun. Atau bahkan kamu bisa membangun dan merenovasi penampilah rumah  sesuai dengan selera karena tidak terikat dengan aturan apapun dari pengembang. Meskipun begitu kamu tetap harus mengajukan ijin kepada dinas tata kota.

Administrasi Dokumen

Saat kamu memutuskan untuk membeli perumahan di Bandung, kamu tidak lagi perlu dipusingkan dengan pengurusan berbagai dokumen dan administrasi rumah seperti surat IMB atau Ijin Mendirikan Bangunan dan Sertifikat Hak Milik atau SHM karena hal ini sudah ditangani oleh pihak pengembang dan pengelola perumahan.

Sebaliknya, ketika kamu membeli rumah  diluar perumahan. Kamu dipaksa untuk mengurus sendiri seluruh administrasi dan dokumen yang diperlukan karena tidak ada developer yang membantu kamu. Namun bila kamu menggunakan jasa broker untuk membeli rumah, kamu tidak perlu mengurusnya, namun hal ini tentu akan mengeluarkan dana ekstra untuk membayar jasa mereka.

Keamanan

Faktor keamanan bisa menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting. Mengingat semakin hari tindak kejahatan sangat tidak terkendali. Ketika kamu ingin tinggal di rumah  yang terletak di area perumahan biasanya menawarkan sistem keamanan yang cukup baik dibandingkan dengan diluar perumahan. Dengan adanya petugas keamanan yang akan mengawasi di gerbang masuk kompleks dan kamera pengawas di setiap rumah, akan mendeteksi bila ada orang yang tidak dikenal dan mungkin berbahaya.

Sedangkan tingkat keamanan di luar komplek perumahan relatif lebih rendah. Tidak ada petugas keamanan khusus yang ditugaskan untuk mengawasi setiap gerak gerik orang tak dikenal. Hanya ada beberapa warga yang rutin melakukan ronda guna menjaga keamanan. Kita pun turut andil dalam hal ini.

Sosialisasi

Kehidupan sosial di luar peruhaman biasanya lebih terbuka. Setiap tetangga memiliki solidaritas yang lebih tinggi untuk membantu dan menolong antar tetangga. Namun kondisi sosial dan tingkat perekonomian yang berbeda terkadang justru menimbulkan rasa iri dan sungkan bagi sebagian tetangga. Sedangkan, kehidupan sosial di perumahan terbatas dan tidak berbair dengan baik. Mengingat kesibukan yang memaksa mereka untuk hanya beristirahat dan berdiam diri di rumah.

Itulah perbedaan saat membeli rumah di area perumahan dan di luar perumahan. Semoga perbedaan diatas bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk memantapkan pilihanmu membeli rumah yang kamu butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *