6 Cara Mudah Membuat Itinerary yang Ciamik

Foto: shutterstock

Selama traveling, ada satu hal yang paling penting setelah uang, yaitu itinerary. Meskipun masih banyak orang yang mempertanyakan apa pentingnya itinerary, tapi tetap kamu yang ingin traveling harus menyiapkan itinerary sebaik mungkin.

Apalagi ya kalau liburan kamu memiliki bujet yang terbatas. Artinya, itinerary ini selain bisa jadi panduan selama traveling bisa juga jadi garis batas yang berguna untuk mengendalikan dana pengeluaran selama liburan.

Untuk membuat sebuah itinerary, sebenarnya kamu bisa memulainya dengan membuat perencanaan yang simpel saja. Seperti misalnya, rencana negara yang akan dituju, lalu di sana akan menjelajahi kota apa, kemudian kapan, dan tertarik mengunjungi atraksi seperti apa saja.

Setelah sudah menentukan itu semua, barulah kamu bisa membuat jadwal di itinerary yang lebih terperinci. Yang perlu ditekankan di sini adalah, sejak awal kamu sudah harus tahu kalau kamu tipe traveler yang mana. Kenapa ini penting? Supaya kamu jadi lebih tahu dengan jelas apa saja yang kamu inginkan selama liburan nanti.

Sekarang, sudah tahu kan pentingnya itinerary? Nah, buat yang masih bingung bagaimana caranya menyusun itinerary untuk traveling di kemudian hari, coba yuk simak caranya yang akan diulas berikut ini.

  1. Menentukan destinasi

Ini merupakan hal yang paling pertama yang harus kamu lakukan ketika menyusun itinerary. Asal tau saja, menentukan destinasi sama dengan menentukan seperti apa traveling kamu nanti. Selanjutnya juga akan berdampak dalam menentukan tipe traveler yang mana yang paling sesuai dengan kamu.

Dari awal di sini, kamu sudah harus menentukan negara apa yang akan kamu kunjungi, kota apa yang akan dieksplorasi, hingga berapa lama waktu singgah di tiap destinasi. Setidaknya tiga hal tersebut harus sudah ada di bayangan kamu.

  1. Menentukan bujet

Selanjutnya adalah menentukan bujet. Kamu sudah harus tau berapa bujet yang kamu miliki dan berapa bujet yang ingin kamu keluarkan. Tentukan apakah sekiranya kamu punya bujet untuk liburan dengan fasilitas yang serba wah. Atau mungkin kamu lebih senang dengan liburan yang ala backpacker dan penuh petualangan.

Kenapa ini penting? Karena menentukan bujet di awal akan menjadi titik tentu yang bisa jadi acuan untuk langkah selanjutnya seperti berapa lama waktu singgah dan atraksi apa yang akan dikunjungi.

  1. Mencari referensi

Untuk membuat itinerary diperlukan juga referensi dari traveler lain. Baik itu travel blogger profesional maupun sekadar teman atau kerabat yang baru selesai melakukan traveling ke destinasi yang akan kamu kunjungi.

Biasanya, referensi dari orang terdekat akan lebih memberikan kepuasan informasi yang kamu inginkan. Karena memang, referensi tersebut akan lebih relevan dan sesuai ekspektasi kamu ketimbang referensi dari pihak komersial atau badan pariwisata destinasi tersebut.

  1. Mencari tiket murah

Poin yang satu ini juga jangan sampai terlewatkan saat menyusun itinerary. Pasalnya, ketika cari tiket pesawat, yang akan dicari pastinya adalah tiket dengan harga termurah. Karena itu, terus pantau situs dan media sosial maskapai dan bandingkan daftar harga tiket dengan teliti.

Misalnya kalau kamu mau ke Tokyo, sementara tiket dengan harga termurah yang kamu temukan hanya sampai ke Osaka. Nah, kasus seperti ini bisa diakali dengan cara membuat itinerary yang mengambil garis lurus dari Osaka ke Tokyo. Tentunya dibarengi dengan rencana transportasi yang paling murah.

  1. Memilih hotel

Dalam menyusun itinerary, memilih hotel juga tidak boleh dianggap hal yang sepele. Meskipun beberapa orang menganggap itinerary adalah hanya sebuah perencanaan, tetap saja harus membuat reservasi hotel dari jauh hari. Ini demi mendapatkan harga murah.

Misalnya, kalau kamu mau traveling ke Bogor, sesegera mungkin cari hotel murah di Bogor. Setidaknya kamu sudah bisa tenang dan tidak perlu takut kehabisan kamar saat sudah sampai kota tujuan. Supaya lebih mudah coba cek harga hotel termurah di Reservasi.com.

Kalau seperti ini, niscaya kamu bisa terhindar dari bahaya luntang-lantung di jalan ataupun harus membayar harga lebih karena memesan hotel di tempat pada saat itu juga.

  1. Jika sudah lengkap semuanya, tinggal susun jadwal

Menentukan destinasi, sudah. Menentukan budget, juga sudah. Tiket murah dan bookingan hotel juga sudah di tangan. Hampir beres! Sekarang tinggal melengkapinya dengan menyusun semua itu ke dalam jadwal.

Susun hari pertama, destinasi mana dulu yang akan dikunjungi. Lalu, tetapkan jam-jamnya. Buat seefisien mungkin agar perjalanan memakan waktu yang lebih sedikit. Setelah itu, sesuaikan juga dengan energi dan kemampuan tubuh kamu agar tubuh selalu fit.

Jangan lupa, di hari terakhir, pastikan aktivitas yang diselipkan di hari itu tidak terlalu padat. Buat kegiatan agak lebih santai, supaya bisa mempersiapkan tubuh untuk perjalanan pulang. Apalagi jika penerbangan yang akan dilakukan memakan waktu hingga lebih dari 12 jam. Jadi, buat jadwal hari terakhir sesantai mungkin, ya.

Nah, bagaimana? Mudah kan membuat itinerary. Intinya, ketahui apa yang kamu mau, apa yang kamu butuhkan, dan apa yang mampu kamu lakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *